MENAKAR BAKAT MINAT MELALUI THREE TYPE LEARNING METHODS

  • Maryus Suprayadi
Keywords: Bakat, Minat, three types learning methods

Abstract

Jika bakat merupakan kemampuan dasar (basic skill) dan minat merupakan proses yang tetap untuk memperhatikan dan menfokuskan diri, lantas apa yang kurang dengan peserta didik anda ketika three type learning methods yang anda lakoni sudah berpacu berpadu dalam proses pembelajaran anda ketika anda memutuskan bahwa antara si A, si B, si C atau si D dan seterusnya baru 75 % tuntas materi dan 25 % nya wajib mengikuti remidial (ujian ulang)? Barangkali itulah sekelumit gerutuan para pemerhati pendidikan di sekitar anda atau bahkan atasan anda.

Penelitian ini mencoba mencari jawabannya dengan cara menakar bakat minat siswa dengan three type learning methods yang kita terapkan. Penelitiannya menggunakan penjajakan konsep tentang dan terhadap kedua variabelnya lalu memetakannya kembali secara berbalikan dalam lingkaran variabel yang ada. Dalam ilmu pedagogia berlaku hukum sebab akibat (causalitas) jika begini maka akan begitu, Jika anak berbakat dan punya minat belajar dengan metode yang sesuai, maka akan memperoleh prestasi yang maksimal.   

Data dianalisis dengan cara mutual triangulasi, dengan logika berpikir induktif deduktif. Dalam penelitian sosial, lingkup triangulasi tidaklah sesempit itu. Menurut Denzin[1] (1970), triangulasi adalah angkah pemaduan berbagai sumber data, peneliti, teori, dan metode dalam suatu penelitian tentang suatu gejala sosial tertentu. Triangulasi dalam penelitian ini akan menghubungkan dan memadukan ketiga variabelnya; bakat minat, metode pembelajaran  dan prestasi belajar.

Hipothesa penelitiannya seperti ditemukan sebelumnya oleh Carlos Kambuaya[2] dalam prossidingnya tentang pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi terhadap prestasi belajar siswa peserta program affirmasi pendidikan menengah asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung, meski dari ketiga variablenya (motivasi, minat, adaptasi dan prestasi belajar) memilki probabilitas dan t-hitung yang sama namun ketiga variablenya menghasilkan signifikan yang sama dengan t-tabel (1,983).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-31
How to Cite
SUPRAYADI, M. S. (2021). MENAKAR BAKAT MINAT MELALUI THREE TYPE LEARNING METHODS. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 1(2), 50-57. Retrieved from https://jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/23