ANALISA KINERJA POMPA SENTRIFUGAL DOUBLE STAGE PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA SELAT MAKASSAR LAPANGAN

  • Jafar Sodik Universitas Tridharma
  • Rachmasari Pramita Wardhani Universitas Tridharma
  • Rissetridharma Simanjuntak Universitas Tridharma
Keywords: Pompa, Energi, Kecepatan, Kinetic, Cairan

Abstract

Pompa adalah suatu alat untuk memindahkan cairan bahkan benda padat dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menambahkan energi kepada cairan tersebut. agar dapat melaksanakan tugasnya, pompa perlu di gerakkan oleh motor listrik, mesin diesel atau mesin penggerak lainnya. Karena pompa digerakkan, pompa memperoleh energi dari penggeraknya, kemudian energi tersebut diteruskan atau diberikan oleh pompa terhadap cairan, sehingga dengan pompa cairan dapat dipindahkan dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi,cairan dapat dipindahkan dari tekanan rendah ke tekanan tinggi,debit cairan dapat diperbesar.

Pemindahan cairan melalui saluran dengan menggunakan pompa menjadikan cairan akan mengalir, sehingga kinerja pompa berkaitan dengan aliran cairan. Pada aliran cairan terdapat dua bentuk energi.yang pertama energi potensialĀ  yaitu bentukĀ  energi yang ada pada cairan sehubungan dengan letak dari cairan tersebut. Makin tinggi letak cairan dari dasar, makin besar energi potensial cairan itu.demikian pula makin besar tekanan cairanĀ  semakin besar pula energi potensial cairan itu,yang kedua energi kinetik yaitu bentuk energi yang ada pada cairan sehubungan dengan kecepatan gerak cairan tersebut. makin besar kecepatan gerak cairan makin besar energi gerak cairan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31
How to Cite
Sodik, J., Wardhani, R. P., & Simanjuntak, R. (2021). ANALISA KINERJA POMPA SENTRIFUGAL DOUBLE STAGE PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA SELAT MAKASSAR LAPANGAN. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 14-25. https://doi.org/10.54423/jtk.v2i1.35