PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR SUPER ACI DAN DOSIS PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

  • Robert G. Marpaung
Keywords: pupuk organik cair, pupuk kalium, kacang tanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi pupuk organik cair Super ACI dan dosis pupuk KCl yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Penelitian Benih Palawija di Tanjung Selamat, dengan ketinggian 96 m dari permukaan laut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap Faktorial (RAKLF) dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama yaitu perlakuan konsentrasi pupuk cair organik Super ACI (A) terdiri dari 4 taraf : A0 =  0 cc/l air;  A1 = 1 cc/l air; A2 = 2 cc/l air dan A3 = 3 cc/l air.  Faktor kedua yaitu perlakuan dosis pupuk KCl (K) terdiri dari 4 taraf : K0 = 0 g/m²;  K1 = 5 g/m², K2 = 10 g/m² dan K3 = 15 g/m². Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi pupuk organik cair Super ACI 3 cc/l air nyata meningkatkan pertumbuhan inggi tanaman, produksi polong dan bobot biji kacang tanah. Perlakuan dosis pupuk KCl 15 g/m² nyata meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman dan produksi polong serta bobot biji kacang tanah. Interaksi antara konsentrasi pupuk organik cair Super ACI dan dosis pupuk KCl berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah ginofora, jumlah cabang primer, bobot polong per tanaman, bobot polong per plot, tetapi berpengaruh nyata terhadap jumlah polong berisi per tanaman dan bobot 100 biji kering, dan perlakuan pupuk organik cair Super ACI pada konsentrasi 3 cc/l air yang diikuti dengan pemupukan KCl cenderung meningkatkan pertumbuhan dan produksi kacang tanah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-16
How to Cite
Marpaung, R. G. (2020). PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR SUPER ACI DAN DOSIS PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 1(1), 1-13. Retrieved from http://jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/2